Pasang Pelek Jari-Jari di Kaki Yamaha Byson

Tips Kaki-Kaki

Pasang Pelek Jari-Jari di Kaki Yamaha Byson


Kalaupun pengguna Yamaha Byson sudah cukup pede dengan tampilan standar yang sudah gagah, tapi enggak ada salah ubah tampilan. Misalnya jika mau tampil beda atau disesuaikan dengan medan berat. Dipastikan perlu pelek jari-jari yang dianggap lebih fleksibel atau lentur.

Bodi yang cukup kekar dan berotot, motor sport dari pabrikan berlambang garputala ini bisa juga aplikasi pelek jari-jari. Kondisinya harus melakukan beberapa penyesuaian. “Sebenarnya tak terlalu rumit,” buka Adie Sheldiez Mukti dari Abbys Performance di Jl. Lodaya No. 26, Bandung.

Jadi, beberapa komponen penyesuaiannya hampir sama saja dengan motor lain jika ganti pelek jari-jari ini. Kalau untuk Yamaha V-ixion tinggal pilih teromol variasi yang sudah beredar di pasaran atau menggunakan teromol RX-King. Atau bahkan teromolnya hampir sama dengan Yamaha Jupiter MX.

Sedangkan untuk Yamaha Byson bisa pakai teromol Yamaha Scorpio. Tapi, modifikasi sedikit di bagian bushing teromol. Beberapa ubahan untuk perangkat speedometer bisa bekerja baik dan putaran roda pun tak alami masalah. “Selain itu bisa membuat Byson secara tampilan lebih simpel dan fashionable,” bilang Adie yang juga jago upgrade mesin motor-motor sport itu.

Bushing teromol depan bagian dalam atau rengan bisa pakai punya Scorpio. “Bisa juga pakai aslinya punya Byson, tapi ukurannya harus di ubah jadi 59 mm dengan dibubut,” kata Adie.

Kemudian bushing bagian luar sebelah kiri juga dipapas jadi 10 mm. Ini dilakukan agar perangkat spidometer bisa masuk. Dan bushing sebelah kanan dibubut jadi 29 mm. Bushing teromol bagian depan ini hanya sedikit penyesuainnya karena hanya memikirkan bagaimana perangkat spidometer bisa bekerja sempurna.

Trik lain aplikasi pelek jari-jari ini selajutnya untuk teromol belakang. Juga engaplikasi dari Yamaha Scorpio berikut bushingnya. Memang teromol belakang juga tak alami perubahan, tapi bagian bushingnya. “Bushing tengah atau bagian dalam diubah jadi 47 mm,” ungkap Adie.

Kemudian bushing kiri dibubut jadi 20 mm. “Jangan lupa bushing kiri ini ditambah ring 3 mm. Agar gir belakang lurus dengan gir depan,” tambah pria dua anak ini. Memang tampaknya tak serumit yang dibayangkan, tapi kalau cara pasangnya sembarangan alias asal-asalan bisa ketiban masalah saat di jalan.

Dan terakhir untuk bushing teromol belakang sebelah kanan. Dipapas sedikit panjangnya jadi sekitar 4 cm. Ukuran 4 cm ini agar bushing enggak mentok dan bisa pas dengan bushing tengah.

Untuk menebus satu bushing Yamaha Scorpio cukup siapkan uang 150-200 ribu. Dan untuk teromol Scorpio orisinil Rp 300 ribu. “Untuk peleknya tinggal pilih merek dan ukurannya sesuai selera,” tutup Adie yang bisa dihubungi di nomor 081-720-2904.

Siap tampil beda dengan kaki-kaki baru nih!  (motorplus-online.com)

http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/09/25/334601/226/27/Pasang-Pelek-Jari-Jari-di-Kaki-Yamaha-Byson

  1. No comments yet.

  1. No trackbacks yet.

*