[Review] WRAIN di Hyosung Comet 250

[Review] WRAIN di Hyosung Comet 250

6 Mei 2013 oleh proleevo

image

Bro n Sist…

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya mengenai ABBYS Performance Tuning, rasanya gak lengkap kalau gak bahas WRAIN. Yup, ABBYS performance memang sangat identik dengan WRAIN.
Penjelasan mengenai Wrain pastinya akan panjang dan lebar. Maka dari itu, tulisan ini hanya merupakan secuil pengetahuan saya yang mungkin bersifat subjektif atau bahkan “sok tau”. Mohon dikoreksi.

image

Wrain adalah Water & Air Injection yaitu penginjeksian air dan udara ke ruang bakar dengan tujuan mendinginkan temperatur udara serta memperlambat proses pembakaran sehingga mesin menjadi lebih dingin, dan mencegah terjadinya knocking (detonasi). Maka dari itu, jika pemasangan Wrain dibarengi dengan setting timing pengapian (dimajukan) maka akan meningkatkan torsi dan power. Menarik kan…???

Wrain sendiri merupakan pengembangan dari Wa-i (water injection) yang banyak diaplikasikan pada mesin pesawat tempur di perang dunia II, serta banyak juga diaplikasikan di mobil-mobil performa tinggi. Salah satu Water Injection yang terkenal adalah “AEM Power”.

image

Kembali ke Wrain, dikarenakan kubikasi mesin motor (khususnya di Indonesia) yang kecil, maka injeksi air murni ke ruang bakar akan mengganggu proses pembakaran terutama pada rpm rendah. Hal ini disebabkan karena dosis yang terlalu banyak. Untuk mensiasati hal tersebut, kang Adie Abbys Performance mencampur air dan udara untuk diinjeksikan ke ruang bakar sehingga tercapai dosis yang tepat serta bisa diatur konsentrasi air dalam udara tersebut. Salut buat kang Adie.

Review

Satu hal yang paling terasa stelah motor saya dipasangi Wrain adalah, temperature dan power motor di kondisi siang hari terik terasa seperti kondisi subuh. Itu saja!! Dan itu “Wow”

Buat Bro n Sist yang penasaran mengenai Wrain, silahkan mampir ke web nya kang Adi disini…

Original blog from http://proleevo.wordpress.com/2013/05/06/review-wrain-di-hyosung-comet-250/

  1. No comments yet.

  1. No trackbacks yet.

*