Supermoto, Kalajengking Berubah Kalajangkung

Supermoto, Kalajengking Berubah Kalajangkung

SPORTKU.COM – Langkah Subijanto untuk merubah motornya ini berawal ketidakpuasan modifikasi sebelumnya. “Dulu pake shock depan Suzuki GSX600 sama parts motor gede lainnya,” buka Subi, panggilan akrabnya. Kemudian dikomporin juga sama sang istri tercinta yang lihat motor suaminya ini ingin tampak lebih pas dan proporsional.

Subi langsung menyerahkannya pada Abbys Performance yang bermarkas di Bandung. Abbys yang digawangi Adie Shieldiez Mukti ini mewujudkan impian Subi dengan merombak beberapa bagian pada Kalajengking kesayangan Subi.

“Konsep supermoto yang diinginkan saya perlu lakukan beberapa ubahan mulai dari frame yang di custom ulang bagian belakangnya. Ditambah penempatan dudukan bodi special engine yang harus sempurna terpasang,” ungkapnya.

Komposisi yang dilakukan Adie pada kaki-kaki tergolong pas. Nggak terlalu bikin motor cungkring atau kelewat gede dengan lingkar rodanya. Sedikit penyesuaian pada bagian komstir dan swing arm harus dilakukan, karena Adie menjejalkan kaki-kaki dari Yamaha YZF250 berikut dengan monshock aslinya.

Kemudian untuk mengimbangi kaki-kaki yang lebih besar, Adie lakukan modifikasi juga dibagian mesin. Kalau ini memang ahlinya Abbys yang spesialis upgrade mesin. “Strokenya saya ubah jadi 63 dengan bore 72. Kemudian karbu diganti juga dengan diameter venturi yang lebih besar yaitu 32mm,” papar Adie, sang modifikator.

Tak sampai disitu saja, kompresi juga dibuat lebih padat 11:1 dengan noken as kena custom dibubut ulang. Hasilnya, Subi yang penasaran jajal tes kemampuan motornya ini dari Bandung ke Jakarta. “Saya bawa pulang ke Jakarta, sepanjang trek perjalanan torsi tetap ngisi dan napas panjang,” akunya bangga.

Data modifikasi
Ban belakang : Battlax  150/60
Ban depan :Battlax 120/60
Handguard : Acerbis
Setang : Accel
Master rem depan : Kitaco
Karbu : FCR 32mx
Koil : Techlite
Knalpot : Abbys Custom
Stoplamp : custom
Pelek depan : 3. Rossi
Pelek belakang : 4.25 MTR

 

 

Diambil dari : http://motor.sportku.com/berita/profil-modifikasi/modifikasi/46970-video-supermoto-kalajengking-berubah-kalajangkung

  1. No comments yet.

  1. No trackbacks yet.

*