Sportku.com Modifikasi X-Ride: Libas Jalan Offroad Lebih Pede

SPORTKU.COM – Yamaha X-Ride yang punya tampang dual purpose memang asyik diajak melibas jalan semi off road. Dengan desain jangkung, skuter matik ini jadi yang pertama di Indonesia yang punya desain adventure abis.

Tapi salah satu penggemar X-Ride yaitu Inne nggak puas dengan tampang standarnya. “Kebetulan suka adventure jajal trek tanah dari dulu. Jadi ada beberapa yang harus di ubah,” bilang Inne yang bernama asli Inne Noer Rahmah.

Meski ubahan yang terjadi pada X-Ride ini nggak terlalu ekstrim pada bagian bodi, tapi di sektor lain pasti dibuat lebih mumpuni. Coba aja tengok kaki depan yang sudah aplikasi sok yang lebih tinggi dari standarnya. Ban dipasok ukuran 17 inci, jadi plek masuk nggak mentok dek dan sepatbor depan. Karet bundar alias ban depan belakang pun sengaja aplikasi ban tahu biar bisa mencakar tanah dengan sempurna.

Lebih praktis Inne nggak harus pusing cari bengkel untuk modifikasinya seperti ini. Minta tolong aja sang suami Adie Shieldiez yang emang gape mesin. “Mesin custom dikit. bore-nya 58 dan stroke-nya 57.9,” bilang Adie. Otomatis kapasitas mesin buncit jadi 153cc.

Perhitungan Adie juga cukup matang soal kompresi. “Rasio kompresi hanya 9:1. Sengaja dibikin low supaya istri saya bawanya gampang dan mesin nggak terlalu liar,” ujar Adie.

“Rasio kompresinya rendah, jadi pakai bahan bakar pakai oktan yang nggak tinggi juga bisa. Kalo lagi off road ke kampung-kampung kan nggak kesulitan bisa isi premium aja,” kilah Inne, sambil bilang X-Ride nya ini sering jajal trek Oray Tapa, Sukawana, Ciwidey dan daerah pinggiran Bandung lainnya.

Trik lainnya, agar tarikan motor lebih galak throttle bodi injeksi pakai punya Xeon diameter 30 mm. “Sedikit untuk membantu handling agar lebih nyaman buat istri, saya pasang setang fatbar dan footstep tambahan biar kaki nggak licin injak dek,” jelas Adie.

Terakhir, area CVT yang kena modifikasi. Roller dengan berat 5 gram, dipadukan dengan per kampas (centrifugal) 2000 RPM punya Honda Beat, dan per pulley diganjel Ring 1 biji. Matik berlambang garputala ini jadi siap diajak nyusruk ke segala medan!

Data Modifikasi
Ban depan : TerraCross 70/100-17
Ban belakang X-Cross 80/100-14
Sok depan : Kymco
Footstep : Suzuki TS125
ECU : BRT Juken 2
Piston : TKRJ 58 mm
Knalpot : CLD

Abbys Performance
Jl Lodaya No.26 Bandung
Telepon : 0817-202-904

Inne, hobi off road tersalurkan dengan skuter matikyamaha x-ride, modifikasi off road, modifikasi yamaha x-ride, yamaha, x-ride, skutik offroad, skutik yamaha, matik yamaha, yamaha indonesia

yamaha x-ride, modifikasi off road, modifikasi yamaha x-ride, yamaha, x-ride, skutik offroad, skutik yamaha, matik yamaha, yamaha indonesia

 

yamaha x-ride, modifikasi off road, modifikasi yamaha x-ride, yamaha, x-ride, skutik offroad, skutik yamaha, matik yamaha, yamaha indonesia

Diambil dari

http://motor.sportku.com/berita/profil-modifikasi/modifikasi/48334-modifikasi-xride-libas-jalan-offroad-lebih-pede

 

  1. No comments yet.

  1. No trackbacks yet.

*