Scorpio ku sekarang lulusan ABBYS Performance Tuning

Setelah masa inreyen ke lombok selesai, 3 minggu yang lalu, Scorpio putih ku ini aku antarkan sendiri ke bengkelnya oom Sheldiez di kawasan Palasari Bandung. Dengan bantuan rekan-2 Bandung, tentu saja aku tinggak nunut dan sampailah di bengkel yang terdengar mantap tuningnya dikalangan rekan-2 pengguna Scorpio dan Pulsar. Terus terang motor ku ini belum pernah disentuh oleh mekanik dari saat beli. Hanya ganti olie rutin saja !! Jadi saatnya untuk mengifiensikan set up original dari Yamaha. Bengkelnya oom Sheldiez terpilih karena utak-atiknya nggak extreme, dan orangnya sensitif banget tentang apa yang kita maui. Performance tuning di sini lebih ke port & polish dan penggantian knalpot dengan ukuran yang pas, tergantung keinginan. Cocok lah, aku ingin efisiensi engine dan tenaga yang lebih ‘keluar’ terutama untuk mengejar ketinggalan performa scorpio ke Pulsar 220.

Selama pengerjaan, saya dapat kiriman foto-2 motor.. asik!!

Selama dititipkan, oom Sheldiez kadang kala mengontak untuk berkonsultasi untuk detil-2 seperti “knalpotnya mau yang hitam atau yang chrome?”, “olienya apa oom?”, dan tidak lupa mengirimkan foto-2 melalui email tentang proses-2 yang dilalui. Kelihatannya sih nggak penting, tapi buat saya ini informasi yang menyenangkan, karena aku jadi teringat tentang fork brace (artikel lain). Mungkin karena aku blogger kali yah, aku digodain sama teman-2. Kalau motor yang lain masuk ke bengkelnya oom Sheldiez nggak perlu STNK, tapi kalau motornya oom Don sampe dimintakan STNK, jangan-2 quality inspectionnya lebih panjang nih… soalnya kan mau ditulis di blog hehe.. (ampun oom).

Ini bengkelnya… Report this ad

Weekend jummat  kemarin pulang kantor dari Bintaro sengaja sudah planning, dan menggunakan roda empat langsung dari tol Bintaro sektor 7 pukul 19.00 dipacu dengan santai menuju Bandung. Kira-2 pukul 21.00 sudah memasuki Bandung dan mengarah ke kostnya teman di daerah UNPAR. Dan pada Sabtu siang akhirnya saya bisa bertemu lagi dengan Pio-ku. Langsung oom Sheldiez nyodorin kunci dan STNK, dengan malu-2 aku terima dan aku bawa muter. Wuiiiiz.. terasa beda, kalau galak emang dari sananya galak, tapi terasa nahan di rpm atas ala pio standard dah nggak ada lagi. Dan deruman knalpot baru cukup lembut nggak membuat adrenalin mendidih. Menurut oom Sheldiez, scorpio standard saat dyno di tempat langganannya biasanya cuman keluar angka 14 hp. Motor ku ini 17.2 hp (data dyno vary yah tergantung tempat, soft copy nyusul). Nggak heran, pio ku terasa sangat ngacir.

Ini yang namanya oom Sheldiez

Me, Sheldiezz and the bike

Kesimpulannya, modifikasi ringan pnp dan perhitungan ukuran knalpot sesuai request pemilik itu sangat penting. Jangan samakan motor satu dengan yang lain. Nggak semua suka colek-2 cam, efisiensi dengan pnp dan knalpot itu dah cukup. Apalagi pio ku ini akan dipakai untuk touring jarak jauh dan harus trouble free!. Dan oom Sheldiezz ngerti waktu aku dulu sms beliau “Please kill the imperfection in my bike !!”. Buktinya system pengereman juga sempat di cek ulang dan ternyata masalah nggak enak nya rem depan diselesaikan dengan mengganti selang rem braided stell.

Oom Bowo tiba-2 datang, katanya mau mbanding sama pio merahnya

Test ride oleh oom Bowo, punggawa ADV / Nusantaride Bandung

Motor ini base nya di lembang Bandung, bukan di Jakarta loh. Oom Bowo nyengir.. kemana kita?

Ini dia knalpot barunya

Pio merah vs Pio putih.. at lembang

Si merah ngeliatin si putih

Contact Abbys Performance Tuning: Adie Wrain (Sheldiezz) – 0817202904. Jalan Lodaya no 26 Bandung. http://abbysperformance.com/

Final word: highly recommended !!

Original Link from : https://pridesonline.wordpress.com/2011/07/03/scorpio-ku-sekarang-lulusan-abbys-performance-tuning/