YSR 2016, Seri 3: Juara Umum Sport 250 Comm A, ini Satu-satunya yang Pakai Winglet

SENTUL, ME. Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 di kelas komunitas jadi ajang pembuktian tim-tim kecil soal kemampuan setting motor balap, bradsis. Salah satu tim komunitas yaitu dari YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia) Bandung berhasil jadi juara umum di kelas R25 Comm A. Mereka juga yang satu-satunya pakai winglet nih..

Event YSR 2016 Seri 3 atau final yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor (29/5), di kelas ini jadi salah satu tontonan yang seru untuk kelas komunitas. David Angjaya berhasil jadi juara umum dengan perolehan 52 poin, bradsis. Meski saat race final kemarin David hanya mampu finish ketiga.

Uniknya, motor yang digunakan pembalap bernomor 64 ini jadi motor satu-satunya yang menggunakan winglet, terinspirasi dari teknologi MotoGP yang lagi ramai juga dikembangin tim pabrikan belakangan ini. “Sebenarnya baru di seri final ini saya aplikasikan winglet. Hasilnya cukup membantu mempertajam lap time,” ujar Adie Shieldiez Mukti, mekanik dari Abbys Performance, Bandung.

Sementara David Angjaya berpendapat, penggunaan winglet ini cukup membantu saat keluar masuk tikungan. “Di trek lurus mungkin nggak terlalu terasa efeknya. Namun saat masuk tikungan, motor jadi lebih menekan kebawah dan itu yang bikin motor lebih enteng keluar masuk tikungan,” ucap David kepada tim ME.

Sang mekanik, Adie, yakin hasil prestasi yang didapat emang bukan hanya sekedar spekulasi tentang penggunaan winglet custom. “Awalnya memang hanya penasaran ingin tahu efeknya. Kebetulan rekan saya di Institut Teknologi Bandung (ITB) menawarkan jasanya untuk membuatkan winglet,” jelas Adie saat ditemui tim ME di paddock.

Bahan winglet yang digunakan juga masih alakadarnya. Sempat alami ubahan panjang dan bentuk dan masih akan terus alami penyempurnaan. “Saat ini bahannya masih pakai styrofoam di custom ulang dicampur dengan resin. Insya Allah untuk persiapan IRS nanti sudah pakai karbon,” jelas Adie.

Untuk saat ini masih tahap riset, bradsis. Penggunaan winglet di Yamaha MT-25 garapan Abbys Performance ini juga masih mengandalkan settingan mesin yang sama dari seri 1 dan 2. “Ubahannya masih sebatas knalpot, power commander, noken as custom dan throttle body 33.9 mm. Untuk kenyamanan kaki-kaki pakai shock Ohlins dan ban Pirelli Super Corsa,” timpal mekanik berkacamata ini. Text: Ismet (ismet@motorexpertz.com), Text editor: Donnyantoro, Photo: Ismet

original link from : http://motorexpertz.com/read/2016/05/31/11544/YSR-2016-Seri-3-Juara-Umum-Sport-250-Comm-A-ini-Satu-satunya-yang-Pakai-Winglet#.YETYRtwxXIU